USB for Converter

Pengertian USB

USB Universal Serial Bus adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps ( juta bit per detik). Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya.

USB On The Go (OTG) adalah kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file (baca, edit, transfer file). Mungkin karena bisa dilakukan di perangkat mobile, makanya dinamakan On-The-Go atau kalau diterjemahkan artinya: dimana saja.

USB to TTL converter atau USB to UART adapter

Sesuai namanya, modul elektronika ini menggunakan chip IC PL2303HX dikenal stabil dalam komunikasi berkecepatan tinggi. Dua buah LED SMD terpasang sebagai indikator saat transmisi aktif. Untuk menjaga peralatan dari kerusakan akibat kelebihan beban, modul ini memiliki sirkit pelindung terhadap kondisi kelebihan arus.

Anda dapat menggunakan modul ini sebagai modul komunikasi serial antara mikrokontroler / development board yang belum memiliki fitur USB terintegrasi (misalnya Arduino Pro Mini).

Pada beberapa aplikasi modul ini juga digunakan sebagai programmer untuk mengunggah kode program ke mikrokontroler yang mendukung in-circuit serial programming sehingga modul ini sering juga disebut sebagai "USB UART Programmer" walaupun pada prakteknya akan sedikit merepotkan karena Anda harus melakukan reset secara manual (untuk kepentingan ini lebih baik menggunakan perangkat khusus pengunggah kode program seperti usbASP).

USB to Serial (IC Prolific)

Kabel USB To Serial merupakan suatu perangkat yang sangat dibutuhkan apalagi kalau kita berkecimpung di dunia hardware interfacing. 
Kebanyakan jalur komunikasi yang digunakan untuk interfacing dengan hardware baik itu mikrokontroler, PLC, dll adalah serial port.
Namun yang jadi masalah untuk saat ini adalah para vendor laptop ataupun komputer sudah menghilangkan serial port pada motherboard yang diperbanyak justru port usb.
Inilah yang menjadi kendala kita bagi programmer hardware.
Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kita menggunakan kabel usb to serial yang banyak dijual di toko komputer.
Harganya pun beragam, ada yang murah dan mahal.

USB to RS232

COM PORT, fungsi dari port RS232 ini sudah digantikan oleh port USB.
RS232 adalah standard komunikasi serial yang digunakan untuk koneksi periperal ke periperal.
Biasa juga disebut dengan jalur I/O ( input / output ).
Contoh yang paling sering kita temui adalah koneksi antara komputer dengan modem, atau komputer dengan mouse bahkan bisa juga antara komputer dengan komputer, semua biasanya dihubungkan lewat jalur port serial RS232.
Standar ini menggunakan beberapa piranti dalam implementasinya.
Paling umum yang dipakai adalah plug / konektor DB9 atau DB25.
Untuk RS232 dengan konektor DB9, biasanya dipakai untuk mouse, modem, kasir register dan lain sebagainya, sedang yang konektor DB25, biasanya dipakai untuk joystik game.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat checkbox pada listview vb.net dan dapat di pilih sesuai checkbox yang dipilih

membuat menu jquery bootstrap tanpa reload page

menampilkan data pada power point menggunakan program visual studio 2010