Pages

Membuat validasi form input email dengan javascript

hello kabar baik semua,. sudah lama saya ga posting lagi,. di posting kali ini mungkin agan udah banyak yang tahu.., mungkin ini sebagai rekomendasi saja dan semoga saja skrip yang saya bikin ini sesuai apa yang agan butuhkan.

okey kita langsung aja membahasnya, di posting kali ini saya akan membuat validasi form input email yang manakala sulit bagi yang awam, tapi sangat berguna bagi yang ingin mencoba script saya ini
okay kita mulai siapkan aplikasi editor yang agan sukai . klo saya boleh saranin agan sebaiknya menggunakan aplikasi notepad++ yah mungkin ini akan lebih praktis klo menurut saya hahaha..,

okay deh !! lanjut ke langkah selanjutnya hidupkan server lokal agan,. tapi untuk kali ini ga usah juga ga pa" karena saya menggunakan javascript untuk membuat validasi input.a

kita ke pembahasannya sekarang.., agan siap mengetik atau sudah siap mau mengkopi skrip saya.., hehe.. okay lah  klo begitu terserah agan dah.., yang penting bisa lebih cepat membantu menyelesaikan hajat yang agan butuhkan..,

langkah pertama :
  1. buka aplikasi editornya klik new file
  2. hidupkan aplikasi browser 
  3. hidupkan xampp nya atau apache server agan
  4. ketik coding berikut ini
Kode HTML untuk membuat form input :

<form method="POST" action="aksi_order.php" onSubmit="return validasi(this)" >
                <input type="hidden" name="id_layanan" value="<?php echo $data[id_layanan]; ?>" >
                <label for="Name">Nama Anda *)</label><input type="text" name="nama">
                <label for="Email">Email *)</label><input type="text" name="email">
                <label for="Phone">Phone *)</label><input type="text" name="telp" onkeyup="angka(this);" onkeypress="angka(this);">
                <label for="Fax">Alamat *)</label><input type="text" name="alamat" >
                <label for="Message">Detail Order *)</label><textarea name="detail_order" rows="5" cols="25"></textarea>
                <input type="submit" name="submit" value="Order Now" />
                </form>

perhatikan skript ini " onSubmit="return validasi(this)" "ini berfungsi untuk menghubungkan submit saat ditekan dan maka akan menghidupkan skript javascript berikut ini

Kode JavaScript untuk validasi form input :

<script>
function validasi(form){
 var mincar = 3;
  pola_email=/^[a-zA-Z0-9._-]+@[a-zA-Z0-9.-]+\.[a-zA-Z]{2,4}$/;
    if (form.nama.value == ""){
        alert("Anda belum mengisikan Nama.");
        form.nama.focus();
        return (false);
    }
    if (form.nama.value.length < mincar){
    alert("Panjang nama Minimal 3 Karater!");
    form.nama.focus();
    return (false);
    }
    if (form.email.value == ""){
        alert("Anda belum mengisikan Email.");
        form.email.focus();
        return (false);
    }
    if (!pola_email.test(form.email.value)){
    alert ('Penulisan Email tidak benar');
    form.email.focus();
    return (false);
  }
    if (form.telp.value == ""){
        alert("Anda belum mengisikan No Telephone.");
        form.telp.focus();
        return (false);
    }
    if (form.alamat.value == ""){
        alert("Anda belum mengisikan Alamat.");
        form.alamat.focus();
        return (false);
    }
    if (form.detail_order.value == ""){
        alert("Anda belum mengisikan Detail Order.");
        form.detail_order.focus();
        return (false);
    }
    return (true);
}

function angka(e) {
   if (!/^[0-9]+$/.test(e.value)) {
      e.value = e.value.substring(0,e.value.length-1);
   }
}
</script>

klo agan sudah mengetik atau copass punya saya silahkan agan bikin dalam satu file: dengan nama terserah agan tp saya saranin dengan nama : index.html

ohh yah jangan lupa kata seperti ini pada form '' action="aksi_order.php" " ini untuk membuat inputan agar masuk ke database agan dan untuk mengetahuinya tunggu posting selanjutnya.., okay deh akhirnya selesai juga posting kali ini., selamat bekerja.., kata jokowi hehhe..,

macam macam komputer menurut katagorinya

berdasarkan jenisnya

1. Analog
Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

2. Digital
Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain

3. Hybrid
Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

 Berdasarkan Tujuan Penggunaan:

1. Special Purpose
Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

2. General Purpose
Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

Berdasarkan Skala Kemampuan (Kapasitas)

Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.
1. Small Scale
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.
2. Medium Scale
Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.
3. Large Scale

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

spesifikasi komputer berdasarkan tujuan dan penggunaan

komputer dirancang sesuai dengan kebutuhan dan pemakaiannya,
komputer di kreteriakan sebagai berikut 
1. komputer yang di rancang untuk permainan atau game
2. komputer yang di rancang untuk keperluan desian grafis
3. komputur yang di rancang untuk keperluan multimedia
4. komputer yang di rancang untuk server
5. komputer yang di gunakan untuk sekedar internetan dan mengetik

atas kreteria tersebut maka dalam memilih suatu spesifikasi komputer harus di sesuaikan menurut 
tujuan dan penggunaan yang di inginkan.

komputer yang digunakan untuk keperluan gaming diantaranya memerlukan
  1.   spesifikasi yang tinggi pada hardwarenya
  2.   hardisk dengan rpm di atas 7200rpm, 500Gb kapasitasnya
  3.   RAM, minimal gunakan ukuran memori 2Gb
  4.  VGA, lebih bagus yang tidak onboard untuk game masa kini
  5.   motherboard, pilih dengan chipset yang sesuai dan terminal yang sesuai dengan kompatibelnya
  6.  prosessor, memakai intel atau amd yang spesifikasinya lebih tinggi sprti quad core, kecepatan 3Gb pada level mainstream atau high end


komputer yang digunakan untuk keperluan desain grafis memerlukan
  1.  VGA, yang di desain untuk 3D 
  2.  RAM, dengan memori 4Gb, yang mampu memproses dengan cepat
  3.  motherboard, dengan chipset sesuai kebutuhan dan mampu memproses 64-bit dan 32-bit
  4.  prosessor , memakai spesifikasi yang lebih tinggi minimal core i3, pada level high end
  5.  hardisk, dengan rpm di atas 7200rpm dan kapasitasnya lebih banyak


komputer yang di gunakan untuk keperluan multimedia memerlukan
  1. spesifikasi hardware sedang dan tidak terlalu tinggi prosesor level value
  2. memerlukan perangkat lain yang di sesuaikan dengan kebutuhan
  3. RAM, minimal 1Gb 
komputer yang di gunakan untuk keperluan server memerlukan
  1. prosesor dengan kecepatan 2,66Gb , chipset yang telah di sesuaikan
  2. minimal RAM 2Gb 
  3. VGA, X16 width 256b dual
  4. peripheral, keyboard
  5. operating system yang khusus
  6. I/O Ports : 6 x USB 2.0 serial, pararel, estate , WLAN, Etheernet ri – 45



mengenal pemrograman php

hello, apa kabar?! saya senang sekali hari ini bisa kembali lagi stelah sekian lama fakum tidak menulis
kali ini saya akan...., akan apa yah!! hehhe., bagi sobat yang baru mengenal bahasa pemrograman sedikit ilmu yang bisa ku bagikan semoga bermanfaat yah :

sebelumnya kita basmallah dulu yah biar ilmunya cepat masuk.., ihh pinter!!  hehhe
awal sebelum kita pelajari suatu pemrograman sebaiknya kita belajar terlebih dahulu tentang konsep yang akan saya bahas nie.. di dalam pengenalan bahasa program selalu saja ada ciri khas dan kerumitan masing masing., okey udah ga sabar ni bacanya yah: okey kita lanjut ke pembahsan

kita akan belajar bahasa pemrograman PHP,
apa sih php itu...,?  bahasa php merupakan bahasa program yang di gunakan untuk membuat dinamis suatu website, ciri khasnya telah mengadopsi OOP, sehingga menjadikannya lebih mudah dalam penulisan dan ringkas dalam scriptnya., okey lanjut...

utk menjalankan bahasa pemrograman PHP, yang anda perlukan adalah sebuah server local atau localhost,
sebagai interpreter yang nanti akan merubah script PHP menjadi script HTML dan bisa di akses melalui browser seperti mozilla firefox atau yang lainnya dengan menulisnya pada alamat "LOCALHOST" atau "LOCALHOST:8080" ini hasilnya


akan tetapi sobat harus miliki terlebih dahulu server localnya.., kalau server yang saya pake ini adalah XAMPP. sobat bisa download di "www.xampp.com"  yah,
kalau sobat sudah memilikinya bisa langsung sobat instral di laptop /komputer sobat

setelah terinstal kita aktifkan servernya dengan cara:
1.cari shortcut panel XAMPP di deskstop yah..
2.aktifkan aphace dan mysql dengan klik start

lihat gambar
dan ini saatnya kita bermain dengan script., ezzzzzt masih belum.., okey kita harus prepare dulu nie,
sekarang kita buka direktory dimana aplikasi kita install cari lokasi penyimpanannya contoh "C:\xampp\htdocs" kenapa harus kita cari ?, karena nanti file PHP yang kita bikin harus di simpan di lokasi tersebut WAJIB, dalam membuat program yang basiknya scripting kita gunakan sebuah notepad, atau editor text yang lainnya seperti notepad++, Vi, dan yang lainnya.., dan tulislah program contoh ini,

<?php
echo "hello";
?>

dan simpan dalam format "namafile.PHP" namafile disini adalah terserah sobat!
dan sampailah kita di akhir pengenalan pemrograman php..,

buka browser sobat dan akses alamat ke "localhost/namafile.php"
maka terlihat

output :
hello


sekian dari saya semoga bermanfaat yah

mengenal terminal terminal komputer

untuk mengenal lebih jauh tentang apa saja komponen terminal pada laptop / komputer
mari kita ketahui dulu nama nama terminal tersebut :
dan ini lah definisinya.................,


Pada Mainboard ada beberapa macam socket yang perlu diketahui nama dan fungsi diantaranya :

Pada bagian back panel terdiri dari :
1. Soket Keyboard (biasanya berwarna ungu) tempat untuk colokan keyboard
2. Soket Mouse colokan mouse
3. LPT Port (biasnya berwarna merah) tempat untuk colokan Printer dsb.
4, Soket Serial Port
5. Soket USB (pada contoh diatas USB soket ada 6 masukan)
6. Soket LAN biasa dipakai untuk jaringan Lokal
7. Soket Audio yang terdiri dari 3 masukan antara lain :

8.Soket Speaker ( biasa berwarna hijau muda ) : line output dari PC ke Speaker luar
9.Soket Audo Line in ( biasa berwarna Biru ) : line input masukan audio dari luar ke PC
10.Soket Mic Input ( biasa berwarna merah muda ) : line input untuk fasilitas Microphone dari luar ke PC 8.
11.Soket VGA ( biasa berwarna biru ) : soket untuk keluaran gambar video dari PC ke Monitor

Pada bagian dalam CPU soket-soketnya antara lain :
1. Soket Prosesor : yakni tempat /rumah prosesor
2. Soket CPU Fan : soket untuk kipas prosesor
3. Soket memori (RAM)
4. Soket IDE 1&2 : soket untuk Hardisk/CD-Rom
5. Soket ATX Power Supply
6. Soket Vga :Soket tempat VGA card dinstal/dimasukkan
7. Soket PCI
8. Soket USB front
9. Soket Front Panel : biasa terdiri dari : soket untuk tombol power,tombol reset,led power dan Hd led

Pada bagian Front Panel soket-soketnya antara lain : soket USB & Audio Speaker & Mic Input

Definisi Kabel HDMI


apa kabar teman teman semua..,
kali ini saya posting terbaru tentang definisi kabel :
okey langsung saja ini temanya:
kabel socket HDMI pada laptop........?



HDMI
HIGH-DEFENITION MULTIMEDIA INTERFACE
Mengenal lebih dekat lagi dengan teknologi yang dimiliki oleh HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Saat ini fitur HDMI port disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik di dunia sebagai alternatif fungsi digital mengganti fungsi analog standar, seperti coaxial cable, composite video, S-video, componet video, VGA, dan sebagainya. Lalu, apa sih kegunaan HDMI sendiri untuk kepentingan pengguna termasuk anda.
Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio/video berbentuk digital seperti Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console, monitor computer, dan telivisi digital.
HDMI mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standard dan high-definition video. Ia juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC). Uniknya, semua itu bisa anda dapatkan dengan hanya dengan 1 kabel saja. Bandingkan jika anda menggunakan analog, akan ada banyak kabel yang berbeda yang harus digunakan. CEC sendiri di sini digunakan supaya HDMI device mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, sehingga jika pengguna ingin mengoperasikan beberapa device yang berbeda, cukup gunakan fasilitas yang ada pada remote control saja.
Kelebihan dari HDMI, karena ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Ainterface), maka jika menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan konversi signal dan yang paling penting tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

Fitur-fitur HDMI
HDMI pertama diperkenalkan pada Desember 2002 yang dikenal dengan nama HDMI 1.0. seluruh fitur yang sudah kami sebutkan sebelumnya sudah ada pada HDMI 1.0 ini. Saat ini HDMI versi terbaru adalah HDMI 1.3c, yang tentunya memiliki penambahan fitur lag. Seperti dukungan terhadap Deep Color, auto lip sync, dan High-definition multi channel audio formats yang digunakan pada Blu-ray disc.
Setiap versi dari HDMI menggunakan type cable yang sama, juga tetap menggunakan konektor 19 pin yang sama. Namun setiap peningkatan versi, kapasitas bandwith selalu ditingkatkan dan tentu saja beberapa fitur-fitur baru selalu disertakan setiap ada HDMI versi baru.
HDMI 1.0 mendukung maximum pixel clock rate sebesar 165 Mhz (4.95 Gb/s bandwith), dimana ia mampu menampilkan tampilan HDTV di resolusi 1080p pad 60HZ refresh rate dan juga resolusi WUXGA 1920x1200, juga pada 60 Hz refresh rate.
Pada HDMI 1.1 selain kemempuan diatas, ditambahkan fitur yang mendukung DVD audio dan pada HDMI 1.2 ditambahkan fitur yang mendukung Super Asudio CD.
Sedangkan, pada HDMI 1.3 kemampuannya lebih ditingkatkan lagi dari versi sebelumnya. HDMI 1.3 memiliki pixel clock rate hingga 340 Mhz 910.2 Gb/s bandwith) yang mampu menampilkan resolusi yang jauh lebih tinggi seperti WQXGA dengan resolusi maksimal 2560x1600. hebatnya, tetap menggunakan single digital link.
Pada HDMI 1.3 juga sudah mendukung Deep Color dan xvYCC color space. Fitur Deep color maksudnya adalah metode yang menggunakan shades, hues, luminosity dengan jumlah yang sangat banyak untuk meningkatkan jumlah color yang bisa ditampilkan, yaitu dari yang tadinya berukuran juta menjadi milyar. Deep color sudah menggunakan kedalaman 30-bit, 36-bit, atau 48-bit dibandingkan HDMI 1.0 yang hanya mampu kedalaman 24-bit color. Fitur xvYCC color space sendiri dikenal juga dengan nama x.v.color yang menandakan bahwa full range color (0-256) pada 8-bit space sudah dimiliki, tidak lagi menggunakan RGB color yang memiliki full range color (16-235) pada 8-bit space yang merupakan limitasi utuk monitor analog.
Penjelasan perbedaan huruf A, B, C sendiri adalah sebagai berikut. A, B, C adalah perbedaan type konektor. HDMI type A dan C yang saat ini banyak digunakan menggunakan single links, sedangkan untuk type B menggunakan Dual links. Namun karena dengan menggunakn Single links saja, bandwith dihasilkan sangat tinggi, maka type B belum diperlukan. Sampai saat ini HDMI berkonektor type B belum ada yang memproduksi.

Kemampuan Audio

Selain kemampuan visual digital yang dimilik HDMI, tentunya tak ketinggalan juga kemampuan audio digitalnya. Pada HDMI 1.0 sudah mendukung 8 channel LPCM (linear pulse code modulation) pada sampling rate hingga 192kHz dan 24-bit resolution. Sedangkan, pada HDMI 1.3 ditambahkan dukungan terhadap 8 channel surround-sound streams encode menggunakan algoritma kompresi Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio. Untuk diketahui, semua versi HDMI sudah mendukung fitur Dolby Digital dan DTS lossily compressed bit streams.
Pemrosesan yang cukup kompleks untuk video terkadang membuat signal audio datang sebelum signal video datang, sehingga menjadikan seperti tidak sinkron antara gambar yang muncul dengan audio (suara) yang muncul belakangan. Untuk itu, pada HDMI 1.3 dihadirkan fitur baru yang disebut auto lip sync, dimana dengan fitur ini, akan secara otomatis terhindar dari permasalahan seperti diatas.

Pemilihan Perangkat HDMI

Untuk pemilihan beberapa perangkat HDMI yang ingin anda beli, tentunya anda juga harus mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh perangkat tersebut. Fitur-fitur seperti Deep color, xvYCC, Color Space, Dolby TrueHD, dan DTS-HD Master Audio adlah opsional. Jadi tidak semua perangkat HDMI memiliki fitur seperti ini. Pastikan terlebih dahulu sebelum anda membeli.
Begitu juga untuk pemilihan pembelian kabel HDMI, dimana untuik HDMI 1.3 cable terdapat 2 type, yaitu standar atau category 1 dan category 2. untuk kabel HDMI category 1 sudah diuji untuk bekerja pada 75 MHz, yang ekuivalen dengan 1080i signal. Biasanya kabel tersebut maksimal memiliki panjang hingga 5 meter dan material bahan menggunakan 26AWG copper wire.
Tipe yang kedua adalah High Speed atau category 2 yang sudah diuji untuk bekerja pada kecepatan 340 MHz ekuivalen dengan 1080p signal dan juga mampu meningkatkan color depths. Tipe kabel ini juga bisa mengakomodasi resolusi display yang lebih tinggi, misal 2560x1600. kabel ini biasanya diproduksi menggunakan 26 atau 24 AWG cooper wire dimana panjangnya tidak dibatasi.
Jadi, ketahuilah terlebih dahulu device HDMI yang akan anda beli. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda atau belum. Jika si penjual kurang memahami produk yang akan anda beli, cari tahu terlebih dahulu perihal teknologi device HDMI tersebut melalui orang yang lebih paham atau informasi dari internet. Tentunya untuk menghidarkan anda dari kekecewaan.


HDMI itu port input yang bisa menghubungkan TV dengan alat elektronik/gadget lain seperti:
1. Komputer : kamu bisa main komputer tanpa pakai monitor kalau kamu punya TV dgn HDMI. Juga kamu gak perlu pasang speaker karena HDMI itu support audio dan video. Dengan HDMI kualitas gambar akan sama seperti kamu pakai monitor komputer. Jadi simpel kan..? kamu bisa main komputer sekaligus nonton TV dengan satu monitor TV saja.

2. DVD player : Untuk DVD player keluaran terbaru sudah support jack output HDMI juga. Kamu bisa nyambung DVD ke TV lewat HDMI utk menghasilkan gambar yang lebih halus dan bening jika dibandingkan kamu pakai kabel Analog A/V yang warna kuning/merah/putih itu.

3. HP : Untuk HP high-end seperti Nokia N8 bisa disambung ke HDMI TV. Jadi kamu bisa nonton foto2 kamu yg di HP secara big screen di TV kamu

4. Fungsi presentasi. Misal kamu punya laptop dan kamu pingin presentasi power point. Kamu bisa gunakan TV HDMI kamu sebagai projector dengan duplicate display setting di laptop kamu.

definisi kabel utp dan kategorinya

KABEL UTP DAN KATAGORINYA :
Kategori 1 (Cat 1)
Kabel UTP Category 1 (Cat1) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, yang didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja. Kabel Cat1 digunakan sebelum tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat1 membuatnya kurang sesuai untuk digunakan sebagai kabel untuk mentransmisikan data digital di dalam jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut.

Kategori 2 (Cat 2)
Kabel UTP Category 2 (Cat2) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 1 (Cat1), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik. Seringnya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring dari IBM. Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat2 kurang cocok jika digunakan sebagai kabel jaringan masa kini. Gunakanlah kabel yang memiliki kinerja tinggi seperti Category 3, Category 4, atau Category 5.

Kategori 3 (Cat 3)
Kabel UTP Category 3 (Cat3) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2 (Cat2), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik. Kabel UTP Cat3 menggunakan kawat-kawat tembaga 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted-pair) yang dilindungi oleh insulasi. Cat3 merupakan kabel yang memiliki kemampuan terendah (jika dilihat dari perkembangan teknologi Ethernet), karena memang hanya mendukung jaringan 10BaseT saja. Seringnya, kabel jenis ini digunakan oleh jaringan IBM Token Ring yang berkecepatan 4 megabit per detik, sebagai pengganti Cat2.

Kategori 4 (Cat 4)
Kabel UTP Category 4 (Cat4) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga 22-gauge atau 24-gauge dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini dapat mendukung jaringan Ethernet 10BaseT, tapi seringnya digunakan pada jaringan IBM Token Ring 16 megabit per detik.

Kategori 5 (Cat 5)

Kabel UTP Category 5 (Cat5) adalah kabel dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4), yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini telah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA).
Kabel Cat5 dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet (100BaseT), hingga Gigabit Etheret (1000BaseT). Kabel ini adalah kabel paling populer, mengingat kabel serat optik yang lebih baik harganya hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kabel Cat5. Karena memiliki karakteristik kelistrikan yang lebih baik, kabel Cat5 adalah kabel yang disarankan untuk semua instalasi jaringan.

Kategori 5e (Enchanced Cat 5/ Cat5e)
Kabel ini merupakan versi perbaikan dari kabel UTP Cat5, yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Cat5 biasa. Kabel ini mampu mendukung frekuensi hingga 250 MHz, yang direkomendasikan untuk penggunaan dalam jaringan Gigabit Ethernet, meskipun menggunaan kabel UTP Category 6 lebih disarankan untuk mencapai kinerja tertinggi.

Kategori 6 (Cat 6)
Mendukung hingga transmisi 250MHz. Kabel ini merupaka kabel Ethernet generasi ke 6Category 6. Kabel tembaga ini dapat mendukung kecepatan transfer data hingga 1 GB. Cat 6 kompatibel dengan Cat 5e, Cat 6, dan Cat 3. Cocok digunakan untuk 1000BASE-T, 100BASE-T, dan 100BASE-T,n support 1GB speed. CAT 6 is backward compatible with CAT 5e, CAT 6 and CAT 3. It is suitable for 1000BASE-T, 100BASE-T and 10BASE-T.

Kategori 7 (Cat 7)
Kabel yang masih dalam tahap pembuatan yang mendukung transmisi hingga 600MHz. Cat 7 merupakan standar kabel tembaga Ethernet 10G yang mencapai 100 meter. Kompatibel dengan CAT 5, dan CAT 6. Lebih rentan Noise dan cross talk.
Ada kesalahan di dalam gadget ini